Penghasilan dari PPC (Pay Per Click)

Tulisan kali ini saya tujukan untuk onliner pemula, orang yang baru belajar mengenal dunia internet. Bagi pegiat lama internet marketing dan blogger senior lebih baik tulisan ini diabaikan saja karena tak ada yang baru yang bisa saya sampaikan. Untuk onliner pemula, silakan baca terus. :)

Ada banyak cara menghasilkan uang dari internet. Salah satu yang bisa Anda coba adalah mengikuti layanan iklan PPC. PPC merupakan singkatan dari Pay Per Click. Bagaimana mekanisme iklan PPC? Berikut akan sedikit saya jelaskan.

Penyedia layanan iklan PPC banyak di internet, misalnya AdsenseCamp, menyediakan layanan untuk dua pihak, yaitu advertiser dan publisher. Advertiser atau pengiklan adalah pemilik produk atau jasa yang ingin mengiklankan produk atau jasanya agar dikenal luas oleh pengguna internet. Sedangkan publisher adalah pemilik website yang memberikan space atau ruang untuk menampilkan iklan dari advertiser. AdsenseCamp mendapatkan penghasilan dari advertiser sesuai dengan perjanjian, sedangkan publisher mendapatkan uang dari AdsenseCamp.

Disebut Pay Per Click karena advertiser hanya akan membayar ke AdsenseCamp jika iklan mereka diklik oleh pengunjung website publisher. Demikian pula, publisher hanya akan mendapatkan uang dari AdsenseCamp jika iklan yang mereka tampilkan diklik oleh pengunjung website mereka. Tak ada yang mengklik iklan artinya tak ada rupiah yang mereka dapatkan.

Keuntungan utama mengikuti iklan PPC adalah Anda tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk menjadi publisher. Anda tinggal mendaftar, mengikuti langkah-langkahnya kemudian meng-copy paste script yang mereka sediakan di website atau blog Anda.

Sebelum Anda mengikuti iklan PPC, beberapa ketentuan umum dan informasi yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

Pertama

Bayaran per klik yang Anda dapatkan cenderung sangat sedikit, hanya ratusan rupiah. Untuk AdsenseCamp, hanya Rp 300,-. Ada juga yang membayar dengan dolar seperti Google Adsense, namun syarat untuk menjadi publisher di Google Adsense terlalu rumit untuk pemula. Sebaiknya Anda memulai dengan mengikuti PPC lokal dulu seperti AdsenseCamp.

Kabar gembiranya, jika jumlah klik iklan Anda sangat tinggi maka uang yang Anda dapatkan pun akan meningkat signifikan. Sekali klik Rp 300,-, jika ada 1000 klik maka Anda akan mendapatkan Rp 300.000,-, lumayan kan?

Kedua

Anda dilarang mengklik iklan Anda sendiri. Setelah membaca poin pertama mungkin Anda sempat berpikir untuk mengklik sendiri iklan yang ditampilkan di blog Anda berkali-kali dan tiap hari, namun hal tersebut tidak boleh Anda lakukan dan pasti ketahuan. Coba pikirkan, penyedia layanan iklan PPC (seperti AdsenseCamp) mendapatkan uang dari advertiser, dan Anda mendapatkan uang dari keuntungan AdsenseCamp, sedangkan advertiser mendapatkan keuntungan jika produk dan jasa mereka dikenal luas yang tentu berimbas terhadap lakunya produk dan jasa mereka.

Nah, jika Anda yang mengklik sendiri iklannya, sedangkan Anda sama sekali tak berniat untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang diiklankan, tentu advertiser akan merugi karena mereka harus membayar setiap ada iklan yang diklik. Kepercayaan advertiser terhadap AdsenseCamp akan menurun dan bisa jadi berimbas besar sampai tak ada lagi yang mau menjadi advertiser. Tentu AdsenseCamp akan segera gulung tikar. Begitulah alasan mengapa AdsenseCamp dan penyedia layanan iklan PPC lainnya melarang publisher mengklik sendiri iklan mereka.

Ketiga

Yang patut kita sayangkan di iklan PPC adalah banyaknya iklan sampah seperti iklan yang menjanjikan Anda kaya mendadak atau mendapatkan jutaan rupiah setiap hari tanpa bekerja, de el el. Saya benar-benar berharap kualitas iklan yang ditayangkan akan semakin baik ke depannya, dan iklan-iklan sampah tak akan mendapatkan kesempatan lagi.

Memang ada penyedia iklan PPC yang ketat terhadap hal ini, contohnya idblognetwork yang advertiser-nya merupakan perusahaan-perusahaan besar semacam XL dan lainnya. Namun, kembali lagi, syarat menjadi publisher di idblognetwork sangat ketat, tak ada kesempatan bagi pemula.

Saran saya, Anda mendaftar saja dulu di AdsenseCamp. Setelah Anda berhasil meninggalkan predikat ‘onliner pemula’ dan telah menjadi ‘blogger senior’, bolehlah Anda mengikuti Google Adsense atau idblognetwork.



Thank You So Much!
Terima kasih telah membaca artikel: Penghasilan dari PPC (Pay Per Click) Silahkan baca artikel Blog ©BISNIS ONLINE Lainya Dibawah ini:

Artikel Terkait:

11 komentar:

The Great Mbah Dukun mengatakan...

ane pernah ikutan PPC, tapi lama, kagak sabar ane sist. wah sista nih warga papar? salam kenal dari warga Tulungagung

dede mengatakan...

klo ikut kyak gtuan harus sabar.....
banyakin visitor dulu^^

ThoraCiamik mengatakan...

Klo bisa blognya di kasih Privasi policy sama Disclaimer soale penting buad Publisher ADS,,,

obat herbal alami kanker rahim mengatakan...

ternyata cuma dengan klak klik ajah bisa hasilin duit yaa
mantaaaaaaaaaaaaaaaab

Admin mengatakan...

Sabar itu kunci segalanya. Terutama bagi pemula :)
gak da bisnis online cepat kaya apa lagi belum tau internet marketingnya. :D

Indextrondosoul mengatakan...

kalo itu biar cepet PO mending buat blog minimal 3 - 5 blog, dan perhari minimal udah 1500UV, dijamin cepet PO . hehe

ditunggu kunjungan baliknya om :p

http://indextrondosoul-farm.blogspot.com/2013/09/jenis-lovebird-paling-mahal.html

dofollow blog pr tinggi mengatakan...

PPC udah bertahun tahun kagak po juga, la wong traffic cuma 100 perhari. coba 1000 perhari cepat po toh kalau gak po yah KO>

maul mengatakan...

Di blog saya Tempat berbagi ilmu sudah terdaftar 3 iklan berbeda sekaligus.
Coba cek saja blog Tempat berbagi ilmu,
www.uwaisaltara.blogspot.com

Padal blog baru.
Daftar di adsense di tolak.
Pelarian saja di chitika,adsensecham,lazada.
Hahaa...
Semua di terima

Tapi iklan lazada sudah saya lepas.


obat asam lambung naik mengatakan...

Okay i learned what is in this article
obat kolestrol tinggi tradisional
obat stroke ringan tradisional paling manjur dan aman
obat asam lambung naik tradisional



Unknown mengatakan...

Mantap Sangat Bermanfaat
Cara Blogwalking Yang Benar Dalam Membangun Backlink
Penyebab Trafik Blog Sepi Pengunjung
Tempat Download Anime Batch Subtitle Indonesia Lengkap

Mas Admin mengatakan...

Alhamdulillah pernah merasakan pembayaran dari blog
Aneka Info
Alamat Madiun
Info Madiun
Kereta Mini

Posting Komentar

--------+<<({ Recent Post })>>+--------

----------+<<({ Chat Mee })>>+----------

Adsense Indonesia
---+<({ BlogMeter })>+--- Checkpagerank.net Admin - Find me on Bloggers.com

--------+<<({ Like Mee !! })>>+--------